Resep Tim Ikan Gabus Basah Cantonese Style, Dijamin gak kalah sama buatan resto Chinese. Juaraa...

Suamiku kurang suka makan ikan, apalagi ikan air tawar, paling anti, bau lumpur katanya. Beruntung ketemu resep Setamed Snake Head Cantonesse Style-nya Xanderskitchen. Walaupun awalnya gambling banget mau masak ini, tapi Alhamdulillah suami suka dan bilang enak. Horee... Sebelum dikukus ikannya aku kasih air perasan jeruk nipis supaya gak bau amis / bau lumpur. Terus jamurnya aku gak pake jamur shitake, tapi pake jamur merang dan sengaja aku banyakin, soalnya suamiku suka banget sama jamur merang. Sama arak masaknya aku skip.
Yang aku seneng dari resep ini cara masaknya gampang dan cepet banget. Soal rasa? Hmm... Dijamin gak kalah sama buatan resto Chinese. Juaraa... 



Bahan-bahan:


  • 1/2 kg ikan gabus basah (bisa kerapu, kakap, atau sesuai selera)  
  • 1 buah jeruk nipis, peras, ambil airnya 
  • 3 siung bawang putih, cincang  
  • 1 ruas jahe, potong korek api 
  • 10 buah cabai rawit merah (boleh ditambah jika suka pedas)  
  • sesuai selera jamur shitake (saya pakai 250 gr jamur merang) 
  • 3 batang daun bawang, potong sesuai selera  
  • 3 sdm kecap asin 
  • 1 sdm kecap ikan  
  • 1 sdm minyak wijen 
  • 1/2 sdm saus tiram  
  • 1 sdm arak masak (saya gak pakai) 
  • secukupnya gula pasir  
  • secukupnya air 
  • secukupnya minyak goreng untuk menumis  

Langkah dan Cara membuat:

  1. Bersihkan ikan. Buang sisik, isi perut, dan kepalanya. Lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Sisihkan.
  2. Siapkan bahan lainnya. Campur jadi satu kecap asin, kecap ikan, minyak wijen, saus tiram, dan arak masak (saya gak pakai).
  3. Kukus ikan hingga matang. Buang airnya. *Notes : Kukus ikan sebentar saja, jangan terlalu lama, agar daging ikan tetap moist dan gak kering.
  4. Sementara menunggu ikan matang, tumis bawang putih, jahe, dan cabai rawit merah hingga harum lalu tambahkan jamur. Masak hingga jamur layu.
  5. Masukkan daun bawang dan campuran bahan kuah. Tambahkan gula pasir dan air secukupnya. Masak hingga mendidih.
  6. Setelah ikan matang, letakkan ikan di piring saji lalu siram ikan dengan kuah jamur. Hidangkan selagi panas dengan nasi hangat.


Resep Megie Yunita Maulid

0 Response to "Resep Tim Ikan Gabus Basah Cantonese Style, Dijamin gak kalah sama buatan resto Chinese. Juaraa... "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel